Sabtu, 19 Mei 2012

RPP QUR'AN HADIS


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
          ( R P P )


Sekolah                              : MIN DARUL ULUM Pulau kijang
Mata Pelajaran                 : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester               : IV ( EMPAT )  / 1  ( Ganjil )
Alokasi Waktu                   : 2X 35 Menit

A.        STANDAR KOMPETENSI
·                    Memahami kaidah ilmu tajwid
B.         Kompetensi Dasar
·         Memahami hokum bacan izhar
C.       INDIKATOR
·            Memahami bacaan izhar khalqi
D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
·      Siswa mampu memahami bacaan izhar khalqi
E.         MATERI PELAJARAN
· Izhar artinya jelas dan khalqi artinya tengorokan/kerongkongan. Jadi izhar kholqi  artinya jelas di kerongkongan.di katakan izhar apabila ada nun mati (نْ) atau tanwin(­           )bertemu dengan salah satu huruf khalaq yaitu: اَ-ه-ع-غ-ح-خ maka hukum bacaanya di sebut izhar khalqi.
Contohnya:
اَ نْعَمْتْمِنْهُمْعَزِ يْزٌ حَكِيْمجُرُ فٍ هاَ رْ


F.       METODE PEMBELAJARAN
§  Ceramah
§  Demonstrasi
§  Tanya jawab
G.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.    Kegiatan awal
·      Guru mengucapkan salam
·      Membaca basmalah
·      Absensi
·      Motivasi
Guru memotivasi kembali betapa pentingnya mempelajari ilmu tajwid misalkan:mempelajari ilmu tajwid hukumnya, fardu kifayah, akan tetapi mempergunakan ilmu tajwid dalam al-qur’an hokumnya fardu ‘ain.jadi apabila kita dalam membaca al-qur’an apabila kita tidak mengunakan ilmu tajwid, maka bacaan yang kit baca sia-sia.
·      Apersepsi
Mingu lalau kita telah mempelajri hokum bacaan nun mati dan tanwin yaitu, idham bigunah, siapa yang masih ingat apa-apa saja huruf-huruf ghunah tersebut. . .!
Nah anak-anak pada hari ini kita masih akan  mempelajari mengenai hokum bacaan nun mati dan tanwin,yaitu bacaan izhar.
·      Acuan
Menuliskan judul materi yang akan dipelajari, serta menyampaikan  ataujuan pembelajaran yang akan di capai.


2.      Kegiatan inti
·         Guru menjelaskan pengertian bacaan izhar khalqi dan siswa mendengarkan penjelasan guru.
·         Guru meminta siswa mengulang kembali pengertian izhar dan khaqi, misalkan:coba anak bapak imran, izhar apa artinya…?jika jawaban imran benar maka guru memberikan penguatan verbal (bagus,mantap, good)
·         Guru mendekati salah seorang siswa,(dengan gerakan badan) dengan mengajukan pertanyaan, coba ank bapak, kamruddin, khalqi apa artinya. . .?jika jawabanya benar maka guru memberikan penguatan verbal( bagus, mantap, good)
·         Kemudian guru mendekati siswa kembali (gerakan badan) untuk mengabungkan pengertian izhar khalqi missal: coba anak bapak yusmis apa pengerian dari izhar halqi. . . .?jika jawaban yusmis kurang tepat maka guru memberikan (penguatan tak penuh)” jawaban yusmis bagus tapi kurang tepat.”
·         Guru memint kembali salah satu siswa untuk menyebutkan pengertian izhar khalqi secara benar, apa bila jawaban tersebut benar maka guru memberikan berupa penguatan verbal (bagus, mantap, good)
·         Kemudian guru menuliskan huruf-huruf izhar khalqi di papan tulis.
·         Kemudian guru memberikan contoh mengenai bacaan izhar khalqi dan cara membacanya.
·         Selanjutnya guru membuat beberapa contoh  lagi mengenai bacaan izhar khalqi, kemudian meyuruh siswa maju kedepan untuk menetukan mana yang di maksud dengan bacaan izhar khalqi dan cara membacanya.
3.   kegiatan ahir
·    Guru berwsama- sama siswa menyimpulkan pelajaran
·    Guru melakukan evaluasi dengan memberikan pertanyan-pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari.
·   Tidak lanjut, guru menyampaikan materi untuk minggu depan.
·    Guru dan siswa mengucapkan hamdalah
·   Mengucapkan salam
H.     alat/media/sumber belajar
a.    Buku paket al-qur’an hadis kelas 4
b.    Alat pendukung dalam proses pembelajaran.
c.    Buku ilmu tajwid
I.        PENILAIAN
·         Tehnik penilaian  :tes
·         Bentuk penilaian :lissan
·         Instrumen penilaian
1.      Apa yang di maksud dengan izhar khalqi
2.      Sebutkan huruf-huruf izhar khalqi
3.      Sebutkan 3 contoh bacaan izhar halqi







Kunci jawaban
1.        Izhar halqi yaitu, apabila ada nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf khalaq yaitu

Maka hokum bacaanya disebut izhar khalqi.
2.        Huruf izhar:

3.        Contoh izhar












              Mengtagui,                                          Tembilahan, 10 maret  2012          
          Kepala Sekolah                                              Guru Mata Pelajaran



       DRS. PURNOMO SIDIK                                    SATRIA FIRMANSYAH      
       NIP                                                                    Nimko:1209,09,05836    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar