RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Sekolah : MIN DARUL ULUM
Pulau kijang
Mata Pelajaran :
Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester :
IV ( EMPAT ) / 1 ( Ganjil )
Alokasi Waktu
: 2X 35 Menit
A.
STANDAR
KOMPETENSI
·
Memahami kaidah
ilmu tajwid
B.
Kompetensi Dasar
·
Memahami
hokum bacan izhar
C.
INDIKATOR
·
Memahami
bacaan izhar khalqi
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
· Siswa mampu memahami bacaan izhar
khalqi
E.
MATERI PELAJARAN
· Izhar artinya
jelas dan khalqi artinya tengorokan/kerongkongan. Jadi izhar kholqi artinya jelas di kerongkongan.di katakan
izhar apabila ada nun mati (نْ) atau
tanwin( )bertemu dengan salah satu huruf khalaq
yaitu: اَ-ه-ع-غ-ح-خ
maka hukum bacaanya di sebut izhar khalqi.
Contohnya:
اَ نْعَمْتْ – مِنْهُمْ – عَزِ يْزٌ حَكِيْم – جُرُ فٍ هاَ رْ
F. METODE PEMBELAJARAN
§ Ceramah
§ Demonstrasi
§ Tanya
jawab
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan awal
· Guru mengucapkan salam
· Membaca basmalah
· Absensi
·
Motivasi
Guru memotivasi kembali betapa pentingnya
mempelajari ilmu tajwid misalkan:mempelajari ilmu tajwid hukumnya, fardu
kifayah, akan tetapi mempergunakan ilmu tajwid dalam al-qur’an hokumnya fardu
‘ain.jadi apabila kita dalam membaca al-qur’an apabila kita tidak mengunakan
ilmu tajwid, maka bacaan yang kit baca sia-sia.
·
Apersepsi
Mingu lalau kita telah
mempelajri hokum bacaan nun mati dan tanwin yaitu, idham bigunah, siapa yang
masih ingat apa-apa saja huruf-huruf ghunah tersebut. . .!
Nah anak-anak pada hari
ini kita masih akan mempelajari mengenai
hokum bacaan nun mati dan tanwin,yaitu bacaan izhar.
·
Acuan
Menuliskan judul materi
yang akan dipelajari, serta menyampaikan
ataujuan pembelajaran yang akan di capai.
2.
Kegiatan
inti
·
Guru menjelaskan
pengertian bacaan izhar khalqi dan siswa mendengarkan penjelasan guru.
·
Guru meminta siswa
mengulang kembali pengertian izhar dan khaqi, misalkan:coba anak bapak imran,
izhar apa artinya…?jika jawaban imran benar maka guru memberikan penguatan
verbal (bagus,mantap, good)
·
Guru mendekati salah
seorang siswa,(dengan gerakan badan) dengan mengajukan pertanyaan, coba ank
bapak, kamruddin, khalqi apa artinya. . .?jika jawabanya benar maka guru
memberikan penguatan verbal( bagus, mantap, good)
·
Kemudian guru mendekati
siswa kembali (gerakan badan) untuk mengabungkan pengertian izhar khalqi
missal: coba anak bapak yusmis apa pengerian dari izhar halqi. . . .?jika
jawaban yusmis kurang tepat maka guru memberikan (penguatan tak penuh)” jawaban
yusmis bagus tapi kurang tepat.”
·
Guru memint kembali
salah satu siswa untuk menyebutkan pengertian izhar khalqi secara benar, apa
bila jawaban tersebut benar maka guru memberikan berupa penguatan verbal
(bagus, mantap, good)
·
Kemudian guru
menuliskan huruf-huruf izhar khalqi di papan tulis.
·
Kemudian guru
memberikan contoh mengenai bacaan izhar khalqi dan cara membacanya.
·
Selanjutnya guru membuat
beberapa contoh lagi mengenai bacaan
izhar khalqi, kemudian meyuruh siswa maju kedepan untuk menetukan mana yang di
maksud dengan bacaan izhar khalqi dan cara membacanya.
3. kegiatan
ahir
·
Guru
berwsama- sama siswa menyimpulkan pelajaran
·
Guru melakukan
evaluasi dengan memberikan pertanyan-pertanyaan tentang materi yang telah
dipelajari.
·
Tidak lanjut, guru menyampaikan materi untuk
minggu depan.
·
Guru dan
siswa mengucapkan hamdalah
·
Mengucapkan salam
H. alat/media/sumber
belajar
a. Buku
paket al-qur’an hadis kelas 4
b. Alat
pendukung dalam proses pembelajaran.
c. Buku
ilmu tajwid
I.
PENILAIAN
·
Tehnik penilaian :tes
·
Bentuk penilaian :lissan
·
Instrumen penilaian
1.
Apa yang di maksud dengan izhar khalqi
2.
Sebutkan huruf-huruf izhar khalqi
3.
Sebutkan 3 contoh bacaan izhar halqi
Kunci
jawaban
1.
Izhar halqi yaitu, apabila ada nun mati atau
tanwin bertemu dengan salah satu huruf khalaq yaitu
Maka hokum bacaanya disebut izhar khalqi.
2.
Huruf izhar:
3.
Contoh izhar
Mengtagui, Tembilahan, 10 maret 2012
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
DRS. PURNOMO SIDIK SATRIA FIRMANSYAH
NIP Nimko:1209,09,05836
Tidak ada komentar:
Posting Komentar