Sabtu, 19 Mei 2012

RPP SKI


RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(R P P )

Nama sekolah   :  Madrasah Ibtidaiyah
Kelas/Semester      :  V / 1
Mata Pelajaran :  Sejarah Kebudayaan Islam
Materi pokok   :  keperwiraan nabi Muhammad
Alokasi waktu  :  2 x 35 menit
Metode         :  cermah dan demonstrasi

1. Standar Kompetensi
1. Memahami keperwiraan Nabi Muhammad SAW
2. Kompetensi Dasar
1. Meneladani keperwiraan Nabi Muhammad Saw dalam membina  masyarakat madinah
3. Indicator
1.  Menjelaskan keperwiraan nabi Muhammad SAW
2.  Menceriterakan keperwiraan Nabi Muhammad saw menghadapi gangguan   kaum kafir dalam perang Badar
3.  Menentukan hikmah yang dapat diambil dalam perang badar
3. Tujuan Pembelajaran
1.  Siswa dapat menjelaskan keperwiraan Nabi Muhammad SAW.
2.  Siswa mampu menceriterakan keperwiraan Nabi Muhammad saw  menghadapi gangguan kaum kafir dalam perang Badar
3.  Siswa dapat menentukan hikmah yang dapat diambil dalam perang badar

F Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ,Rasa hormat dan perhatian, Tekun, dan Tanggung jawab

4. Materi ajar
Perang badar
5. Media belajar
F BukuSKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)
6. Rincian kegiatan pembelajaran
1.  pendahuluan
a.     salam
b.     absensi
c.     apersepsi
    Mingggu lalu kita telah belajar mengenai mendeskripsikan upaya yang  dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah (sosial, ekonomi, agama dan pertahanan) hari ini  kita akan belajar mengenai keperwiraan nabi Muhammad dalam menghadapi ganguan orang kafir (perang badar)
d. Motifasi
   Kita sebagai umat islam harus mengetahui bagaimana perjuangan nabi Muhammad dalam membela dan mempertahankan agama islam, dan sudah sepantasnya semua apa-apa yang di lakukan rasululoh kita jadikan suri tauladan bagi kita
2.  Kegiatan inti
& Eksplorasi
  Dalamkegiatan eksplorasi guru
F Bertanya kepada siswa mengenai sejauh mana pemahaman siswa    terhadap materi yang akan di ajarkan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru
1.          Guru
F Menjelaskan mengenai keperwiraan nabi Muhammad
F Guru menceritakan tentang perang badar
F Menentukan hikmah yang terkandung dalam perang badar
2.          Siswa
F Siswa menyimak penjelasan guru
F Mendengarkan apa yang di ceritakan oleh guru
F Menayakan apa yang belum dipahami dari penjelasan yang di sampaikan oleh guru
F Berperan aktif dalam cerita cerita perang badar yang di ceritakan oleh guru
F Menyebutkan kembali hikmah yang terdapat dalam perang badar

& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
3.  Penutup
F Guru bersma siswa menyimpulkan pelajaran
F Membaca hamdalah.
F Mengucapkan salam


7. penilaian
  Tehnik tes       :tertulis
  Bentuk tes       :essay
  Contoh instrumen :
             
1. Jelaskan tentang keperwiraan Nabi Muhammad saw menghadapi gangguan  kafir dalam perang Badar!
2. Apa hikmah dari peristiwa umat Islam dalam perang Badar?












   Mengetahui              tembilahan 22 desember
        Kepala sekolah         guru mata pelajaran



Dr.s. KAMARUDDIN.M.A            SATRIA FIRMANSYAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar