RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(R P P )
Nama sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Kelas/Semester : V / 1
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Materi pokok : keperwiraan nabi Muhammad
Alokasi waktu
:
2 x 35 menit
Metode
:
cermah dan demonstrasi
1. Standar Kompetensi
1. Memahami keperwiraan Nabi Muhammad SAW
2. Kompetensi Dasar
1. Meneladani
keperwiraan Nabi Muhammad Saw dalam membina
masyarakat madinah
3. Indicator
1. Menjelaskan keperwiraan nabi Muhammad SAW
2. Menceriterakan keperwiraan Nabi Muhammad saw
menghadapi gangguan kaum kafir dalam
perang Badar
3. Menentukan hikmah yang dapat diambil dalam
perang badar
3. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan keperwiraan Nabi
Muhammad SAW.
2. Siswa mampu menceriterakan keperwiraan Nabi
Muhammad saw menghadapi gangguan kaum
kafir dalam perang Badar
3. Siswa dapat menentukan hikmah yang dapat
diambil dalam perang badar
F Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ,Rasa hormat dan perhatian, Tekun, dan Tanggung jawab
4. Materi ajar
Perang badar
Perang badar
5. Media belajar
F
BukuSKI
3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)
6. Rincian kegiatan pembelajaran
1. pendahuluan
a.
salam
b.
absensi
c.
apersepsi
Mingggu
lalu kita telah belajar mengenai mendeskripsikan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam membina
masyarakat Madinah (sosial, ekonomi, agama dan pertahanan) hari ini kita akan belajar mengenai keperwiraan nabi
Muhammad dalam menghadapi ganguan orang kafir (perang badar)
d. Motifasi
Kita sebagai umat islam harus mengetahui
bagaimana perjuangan nabi Muhammad dalam membela dan mempertahankan agama
islam, dan sudah sepantasnya semua apa-apa yang di lakukan rasululoh kita
jadikan suri tauladan bagi kita
2. Kegiatan inti
&
Eksplorasi
Dalamkegiatan eksplorasi guru
F Bertanya kepada siswa mengenai sejauh mana pemahaman
siswa terhadap materi yang akan di
ajarkan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru
1.
Guru
F Menjelaskan mengenai keperwiraan nabi Muhammad
F Guru menceritakan tentang perang badar
F Menentukan hikmah yang terkandung dalam perang badar
2.
Siswa
F Siswa menyimak penjelasan guru
F Mendengarkan apa yang di ceritakan oleh guru
F Menayakan apa yang belum dipahami dari penjelasan
yang di sampaikan oleh guru
F Berperan aktif dalam cerita cerita perang badar yang
di ceritakan oleh guru
F Menyebutkan kembali hikmah yang terdapat dalam
perang badar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
3. Penutup
F
Guru bersma
siswa menyimpulkan pelajaran
F
Membaca
hamdalah.
F Mengucapkan salam
7. penilaian
Tehnik
tes :tertulis
Bentuk
tes :essay
Contoh
instrumen :
1.
Jelaskan tentang keperwiraan Nabi Muhammad saw menghadapi gangguan kafir dalam perang Badar!
2.
Apa hikmah dari peristiwa umat Islam dalam perang Badar?
Mengetahui tembilahan
22 desember
Kepala sekolah guru
mata pelajaran
Dr.s. KAMARUDDIN.M.A SATRIA
FIRMANSYAH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar